Langsung ke konten utama

Tips Mudah Untuk Bumil dan Busui Berpuasa



Hai bunda! Sedang hamil trimester keberapa sekarang? Bagaimana puasa hari ini? Semoga lancar saja ya bun. Begitu juga untuk busui (ibu menyusui) lancar kan puasanya hari ini?
Aku mau share tips mudah untuk bumil  dan busui berpuasa. Simak ya.
Sumber : canva

1. Konsultasi ke dokter
Apakah trimester pertama, kedua atau ketiga, bumil wajib konsultasi ke dokter, perihal apakah boleh berpuasa. Cek selalu ya bun, kehamilannya. Jika dokter membolehkan bumil untuk berpuasa, berpuasalah.

2. Hindari stress
Bunda yang dalam masa kehamilan maupun menyusui, baiknya hindari stress. Tetap tenang. Karena akan mempengaruhi janin dan juga ASI (Air SusuSibu) akan sedikit keluar.

3. Jangan melakukan pekerjaan berat
Saat bunda bekerja, usahakan istirahat sejenak. Pastikan kantor tempat bunda bekerja memberi keringanan waktu dengan mengurangi jam kerja selama puasa. Jangan melakukan pekerjaan berat, atau pekerjaan rumah tangga yang melelahkan. Lihat kondisi badan. Jika lelah, istirahat.

4. Konsumsi serat
Saat sahur konsumsi serat yang baik untuk kesehatan bumil, seperti bayam, kacang-kacangan, wortel, oat, kacang merah, alpukat dan lainnya yang dilansir Hellosehat.com, berkandungan serat tinggi.

5. Kurangi kalori tinggi
Makanan yang berkalori tinggi baiknya dikurangi saat sahur dan buka puasa. Atur pola makannya ya bunda.contoh makanan berkalori tinggi : mie, junk  food, fast food. Supaya tidak melahirkan bayi dengan barat berlebih. Dan beresiko penyakit diabetes. Makanlah makanan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, sereal, singkong, ubi, jagung dan kentang.

6. Hindari makanan mentah atau setengah matang.
Untuk mencegah bakteri yang disebabkan makanan mentah. Seperti makanan laut atau telur yang dimasak setengah matang mengandung bakteri salmonella yang akan memicu keguguran.

7. Konsumsi gula secukupnya
Walaupun anjuran makan yang manis. Bukan berarti saat buka puasa memperbanyak makanan dengan  gula tinggi. Makanan manis memang membuat perut menjadi lebih cepat kenyang juga akan bertahan lama di dalam perut. Meski begitu, bunda akan semakin cepat lapar.  Jadi pastikan bunda konsumsi buah dan sayuran.

8. Hindari makanan laut yang bermerkuri
Bagi bunda yang menyukai makanan laut baiknya jangan berlebih-lebihan. Seperti mackarel, kepiting dan kerang hijau.  Bagi bunda yang sedang hamil, akan berpengaruh pada perkembangan janin. Bunda yang sedang menyusui akan mengalir ke dalam ASI berpengaruh pada saraf.

9. Protein hewani dan nabati
Cukupi kebutuhan protein yang seimbang. Protein hewani dari ikan, telur, daging unggas dan daging merah yang dimasak matang. Protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu dan tempe.

10. Hindari MSG
Baiknya bunda jangan memakan makanan yang mengandung MSG (Mono Sodium Glutamat), seperti mie instan, camilan kemasan, bumbu penyedap rasa. Karena akan mengganggu pertumbuhan janin dan saraf anak.

11. Minum putih
Cukupkan kebutuhan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Dikutip dari detik.com minum 1 gelas saat adzan magrib, 1 gelas setelah sholat magrib, 1 gelas setelah berbuka puasa, 1 gelas sebelum sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, 1 gelas sebelum tidur dan 1 gelas saat sahur.

12. Tidur cukup
Ketika puasa, usahakan tidur siang dan saat malam sesudah sholat tarawih cepat tidur, supaya tubuh dapat beristirahat total. Baiknya sesudah sahur jangan langsung tidur supaya tidak sesak.

Nah, ini tips dari aku, semoga bermanfaat. Tetap rutin cek kesehatan ya Bun ke dokter. Sehat terus ya Bun.

Sumber : alodokter, bidanku, detik.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Telitilah Dalam Memilih Sabun Mandi

Pagi, bunda sudah mandi dan wangi bukan? Omong-omong soal mandi. Sabun favorit bunda yang seperti apa? Apa sabun mandi biasa, sabun mandi herbal, atau sabun mandi  bayi nih? Sabun apapun itu yang penting kesehatan kulit kita terjaga. Sehingga membuat kita nyaman dan percaya diri.  Berikut ada tips telitilah dalam memilih sabun mandi. Karena tipe kulit seseorang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, atau kulit sensitif. Yuk disimak. 1. Bahan pelembab Untuk jenis kulit yang cenderung kering. Kamu harus perhatikan kandungan sabun mandi yang satu ini. Apakah ada mengandung pelembab seperti glycerin, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak aprikot, madu, shea butter, cocoa butter, sereh, asam amino, lidah buaya, ekstrak yogurt dan lain sebagainya. Nantinya kulitmu akan lebih lembab selama dan setelah pakai sabun yang mengandung bahan ini. 2. Hindari berbahan deterjen Sabun mandi yang cenderung menghasilkan busa yang banyak, akan dapat mengiritasi kulit. Apa