Langsung ke konten utama

Bakwan Sayur Gorengan Favoritku

Bakwan merupakan olahan dari tepung yang diisi aneka sayuran diolah dengan cara digoreng dengan sejumlah minyak. Bakwan kadang disebut juga bala-bala oleh orang dari Jawa Barat atau pia-pia bagi orang Jawa Tengah atau yasai tenpura (tenpura sayur) oleh orang Jepang.

Bakwan pun jadi salah satu gorengan favoritku. Karena rasanya yang renyah dan gurih. Waktu masih jadi  anak kos, jajan gorengan pasti tak ketinggalan dibeli juga bakwannya. Karena tidak kos lagi, kalau lagi mau bakwan, coba buat sendiri.

Sekarang ini ada juga bumbu instan bakwan. Cuma memang rasanya lebih pas kalau bisa membuat adonan bakwan sendiri.  Bisa ditambah rasa garam atau gurihnya. Dan juga mau membiasakan coba racik sendiri. Kan jadi kebanggaan sendiri bisa membuat makanan sendiri dan disukai diri sendiri dan orang lain yang memakannya.

Coba mengulik Cookpad, ketemulah resep bakwan  sayur yang sekiranya mudah. Resep cookpad buatan Yan's kitchen ini bisa dicoba.

Resep Bakwan Sayur 
Sumber : koleksi pribadi

Bahan :

10 sdm tepung terigu (aku buat 2 x lipat)
1 sdm tepung beras (aku buat 2 x lipat)
1 buah wortel (aku 2 buah wortel sedang)
50 gr taoge
1 batang daun bawang perei
3 lembar kol (aku pakai 1/4 bagian kol)
1 butir telur Secukupnya garam, lada dan kaldu bubuk Secukupnya air

Bumbu halus :

4 siung bawang merah (aku 2 siung ukuran sedang) 3 siung bawang putih (aku 1 siung ukuran sedang)
1 buah kemiri sangrai (aku skip)

Langkah :

1. Serut kasar wortel, rajang kol dan daun bawang perei, taoge dibuang ekornya, campur jadi satu sisihkan (semua sayuran sudah dicuci bersih ya sebelum dipotong/dirajang).

2. Campur jadi satu tepung terigu, tepung beras beri garam, lada bubuk dan kaldu bubuk aduk rata.


3. Tambahkan bumbu halus dan telur aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai licin lalu masukkan sayuran. Adonan jangan dibuat terlalu encer.

Tips :

Aku buat bumbu halusnya dengan cara dicacah halus bawang merah dan bawang putih. Namun mungkin memang lebih sedap dihaluskan apalagi mungkin ditambah kemiri sangrai.

Ketika akan menambahkan telur, pecahkan telur di wadah terpisah dahulu, khawatir kemasukan pecahan kulit telur atau telur busuk, atau ada bintik merah atau plasenta putih yang harus dibuang dulu.

Buat adonan kental supaya ketika sayuran dimasukkan bisa memperkirakan penambahan airnya lagi.

4. Panaskan minyak, celupkan cetakan ke dalam minyak panas, tuang adonan ke dalam cetakan, celupkan minyak panas lagi sampai adonan lepas.

(Kalau aku cukup pakai 1 sendok makan munjung, lalu tempelkan pada dinding wajan lalu siram-siram dengan minyak sehingga bakwan lama-lama kecoklatan dan tidak lengket lagi bagian bawahnya dengan sendirinya. Cara seperti ini membuat bakwannya jadi tekstur lebih tipis dan renyah)

5. Goreng sampai berwarna kecoklatan/matang, angkat dan tiriskan.

6. Sajikan selagi panas dengan tambahan cabe lalap.

Nah, bakwan sayur bisa disantap langsung atau juga dengan saus sambal botolan atau bumbu kacang atau bisa juga jadi lauk pendamping makan nasi.

Dari adonan yang aku buat 2 x lipat, didapat 20 buah bakwan sayur. Bisa disajikan untuk camilan di sore hari dengan minum wedang jahe. Jangan minum teh, karena teh dapat mengganggu penyerapan nutrisi dalam tubuh kita.

Selamat mencoba bagi yang ingin membuat bakwan sayur.

Komentar

  1. Duuh... Kenapa saya baca sambil nahan lapar yaaa.. Haaha..
    Biasanya saya pakai tepung bumbu bakwan instan, tapi ada niatan udah mau insyaf pakai yg instan2.. Sedikit lebih repot tapi sehat gak pakai bumbu instant... Tengkyuu resepnya mbak, insyaallah saya coba nanti pas weekeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak apa sekali-kali yang instan Mba 😊, sama-sama mba

      Hapus
  2. Saya kenal bakwan sayur sejak masih SD dulu. Ibu warung sekolah selalu bikin bakwan sayur. Ibu saya tiap lebaran juga selalu bikin bakwan sayur, udah pada diapalin hehehe.. Ternyata, suami saya juga suka banget bikin bakwan sayur. Emang enak sihhh bakwan sayur tu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakwan sayur buatan ibunya pasti mantap Mba, gorengan yang enak dan murah meriah

      Hapus
  3. Ote ote lah ku sebunya gampangnya. kalo beli murah meriah dari harga Rp. 500-Rp.2000. sudah mengenyangkan perut. ditambah petis seng sedep poll plus lombok warna hijau. mantap lur. abis nulis ini saya ke kantin nyari ote-ote. ngiler sendiri komentar makanan legend

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ote ote ya nama lainnya, pakai Lombok hijau atau bumbu kacang mantap Mba hehehe

      Hapus
  4. Bacanya sambil nelen ludah.. Jam segini jadi pingin.. Padahal tadi udah makan malem 2x.. Omaigot :))

    BalasHapus
  5. Bakwan sayur sama sayur pecel dan lontong polos adalah padanan yang pas buat sore hari ditambah teh poci hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Mba camilan sore hari dengan teh

      Hapus
  6. Duh mendadak jadi laper mbak.. kalo di sunda mah disebutnya bala-bala. Ini gorengan Favorit saya banget hehe, ngebayangin kol sama wortelnya kres-kres gurih ditambah cengek wow mantep banget

    BalasHapus
  7. Oh, nggak baik ya...minum teh bareng dengan makanan? Baiknya air putih ya? Resep bakwan yang sama dengan yang saya masak. Bedanya saya nggak pakai daun kol tapi diganti jagung manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya begitu, tapi biasanya selalu teman minum teh ya hehe

      Hapus
  8. Duh, saya juga suka ini Mba. Apalagi ada udangnya. Wah, bisa lupa daratan... hehehehe. Kok jadi pingin makan bakwan ya?

    BalasHapus
  9. Wah, malam-malam baca artikel ini jafi laparr, kesukaan aq nih, bakwan sayur

    BalasHapus
  10. Dulu bakwan sayur juga jadi favorit saya. Resepnya mirip-mirip ini juga. Tapi sekarang setelah saya menjalani sebuah pola makan dan gaya hidup sehat, saya tidak lagi pakai terigu untuk urusan goreng-menggoreng :) Tapi diganti dengan tepung low carb, trus minyaknya pakai minyak kelapa karena lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semangat Mba udah bisa konsisten menue sehat

      Hapus
  11. Baca ini jadi bayangin bakwan saya haha. Makasih resepnya Mbak, kesukaan anak-anak ini, bakwan sayuran. memang lebih enak bikin sendiri daripada tepung bakwan jadi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lebih kerasa pasnya bikinan sendiri apalagi disuka anaknya ya mba

      Hapus
  12. Bakwan salah satu gorengan favorit aku. Dan biasanya aku campur tauge juga. Dan paling enak dimakan pakai cabai rawit atau cuka pempek. Tapi aku nggak pernah pakai campuran tepung beras. Cuma terigu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bakwan sayur dipakai apa aja juga oke, iya bisa juga enggak pakai tepung beras mba

      Hapus
  13. Ahahaha, sama aku juga suka bakwan sayur. Tapi tapi aku tyda bisa membuatnya, biasanya sih beli... karena bikin sendiri tyda lebih enak dibandingkan beli di warung... hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe gak apa, mudah-mudahan nanti bisa buat sendiri juga mba

      Hapus
  14. Bakwan favoriteku juga mba. Dan paling enak kalau buat sendiri. Kalau beli malah gak enak, kadang ada yang keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bisa buat sendiri lebih puas ya rasanya

      Hapus
  15. Simpel bikinnya, enak rasanya ya mbak. Ibuku juga suka banget sama bakwan, apalagi bakwan jagung. Endessss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba camilan favorit aku juga, nah bakwan jagung pun juga aku suka hehe

      Hapus
  16. Kegemaran suamiku ini..aku juga suka bikin di rumah tapi paket tepung bakwan instan..hehe..kadang bikin sendiri gak pas jadinya, gak bisa awet renyahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba udah bikin bakwan walaupun bumbu instan yang penting udah bisa nyenengin suami

      Hapus
  17. entah kenapa saya kalau bikin selalu keasinan. wkwwk. dan saya jg gal bs pakai cetakannya selalu kelet padahal udah coba cetakan dikasih minyak panas dulu, direndam di minyak, cetakannya khusus...hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang harus di tes rasa berulang biar pas rasanya Mba, aku juga belum bisa pakai cetakan

      Hapus
  18. Ini favorit Saya. Kalau di Bandung namanya bala-bala, mungkin karena isinya campuran sayur-sayuran sehingga nampak bala=berantakan (bahasa Sunda). Cuma biasanya sayurannya kol dan wortel aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bala-bala alias bakwan favorit semua orang ya mba, memang biasa isinya kol dan wortel

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala