Langsung ke konten utama

Wisata Nge-hits di Jawa Timur

Beranda FB aku tiba-tiba muncul saja notifikasi kenangan dua tahun yang lalu, ya tepatnya tanggal 21 Oktober 2019. Aku coba klik apa saja kenangan itu. Wah, ternyata tanggal ini dua tahun yang lalu aku lagi ke Jawa Timur dengan teman-teman. Wisata yang terkenal ketika ke Jawa Timur tentunya tidak ada yang tidak tahu, yaitu ke gunung Bromo. Kami juga ke kampung Jodipan,  Batuflower,  Malang, dan Museum Angkut, Malang.

Kami yang dari Jakarta menaiki kereta menuju Malang. Dari kota Malang inilah wisata kami dimulai. Tentunya kami tak melewatkan berwisata kuliner di kota Malang. Di Malang kami menyempatkan ke kampung Jodipan. Yaitu suatu daerah dengan rumah-rumah penduduk yang di cat warna-warni. Jangan lupa berpakaian warna cerah. Tentunya berswafoto bersama teman atau keluarga makin meriah.
Kampung Jodipan, Malang

Lalu kami juga pergi ke Batu flower, Malang. Terdapat banyak spot menarik juga. Bukit dengan penuh bunga berwarna-warni. Ada spot berfoto di atas papan kayu yang berada di ketinggian. Ada juga hammock camp dengan ketinggian 5 meter. Kami mencobanya semua. Begitu seru sekali.

Batu Flower, Malang

Hammock camp

Tak lupa kami mengunjungi Museum Angkut. Dimana terdapat banyak sekali mobil, motor, dan alat transportasi yang kuno alias jadul. Di tempat ini sayang jika tidak berswafoto bersama teman. Karena banyak sekali spot cantik dan keren yang instagramable.
Museum Angkut

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Pergi ke Bromo.
Gunung Bromo terletak di daerah suku Tengger, Jawa Timur. Berada di 2329 mdpl di 4 wilayah kawasan kabupaten Probolinggo, Pasuruan,  Lumajang, dan Malang. Gunung yang termasuk stratovolcano (gunung aktif), terakhir meletus pada tahun 2015, yang sebelumnya secara konsisten dalam interval waktu 30 tahun meletus.

Gunung ini bagi penduduk sekitar, suku Tengger, merupakan gunung suci. Tiap tahun diadakan upacara saat bulan purnama tengah malam sampai dini hari. Upacara dilakukan mulai dari Pura yang berada di bawah kaki gunung hingga puncaknya Bromo. Rutin dilaksanakan pada tanggal 14 atau 15 bulan kasodo (kesepuluh) dalam penanggalan Jawa. Yang dinamakan upacara Yadnya Kasada. Merupakan salah satu tradisi suku Tengger yang beragama Hindu.

Banyak travel yang menawarkan promo paket menarik tour ke Bromo. Kami mengambil paket promo one day. Kawasan Bromo terkenal indahnya pemandangan kawah Bromo dan gunung di  sekitarnya. Jangan lupa ya bawa jaket tebal, topi, syal dan sarung tangan karena dinginnya kawasan Bromo saat dini hari. Juga makanan dan minuman ringan secukupnya. Jangan lupa juga bawa mukena (peralatan sholat) dan darurat air 1 botol untuk berwudhu bagi kamu yang beragama Islam. Karena kita bisa sholat di atas saat waktunya sholat subuh.
Bromo dan Bukit Teletubbies

Dini hari kami dijemput oleh supir menuju kawasan Bromo. Di sana lanjut menggunakan mobil Jeep. Wah, seru ini mobil tua yang memang handal dalam hal menanjak dan menurun terjalnya area Bromo. Siap-siap tahan napas dan awali baca bismillah ketika berangkat dengan mobil Jeep. Saat mobil Jeep naik atau turun benar-benar adrenalin kita terpacu.  Namun adakalanya saat menanjak atau menurun, tiba-tiba mobil Jeep berhenti karena macetnya kawasan Bromo saat musim liburan. Jadi yang takut banyak baca doa ya seperti aku saat itu hehehe.

Saat itu kami  tak lupa mengabadikan sunrise di Bromo.  Eits, kacamata hitam dan sunblock juga jangan lupa, karena menjelang siang matahari lumayan kuat mengeluarkan sinarnya. Setelah berfoto dengan latar gunung batok, gunung Bromo. Kami kembali menaiki mobil Jeep menuju Pasir Berbisik. Bisa berfoto di depan mobil Jeep bersama teman, foto berlatarbelakang Pasir yang menghitam juga gunung. Lalu kami ke kawasan bukit Teletubbies. Savana yang mirip seperti bukit Teletubbies. Jangan lupa berfoto bersama juga.
Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies

Nah, itulah wisata nge-hits di Jawa Timur. Siapa tahu jadi pilihan kamu saat akan berencana berlibur ke Jawa Timur.





Komentar

  1. batuflowernya cantik sekali, ya. malang emang makin ngehits aja sebagai destinasi wisata

    BalasHapus
  2. Duh jadi kangen ke Malang, apalagi ke Bromo, pengen bgt kesana, cita2 sejak lama hehe.. mudah2an pas bochil udah oada gede bisa menyempatkan jalan2 kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba diagendakan, seru banget liburan ke sana

      Hapus
  3. Iya nih Malang n Batu makin hits. Gak bosen-bosen ke Batu hampir semimggu sekali kesana. Dibela-belain naek motor dari Malang :)

    BalasHapus
  4. Sudah lama saya nggak ke Malang, sekarang makin byk obyek wisata yg seru2 ya. Makasih informasinya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak Mba wisata seru slotnya bagus-bagus

      Hapus
  5. kalau udah di malang rasanya gak pulang2. wisata apa aja ada looo. dari jatim park yg ada 4, BNS, museum angkut dan banyak lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, Jatim Park yang belum nih aku Mba hehe iya seru di sana

      Hapus
  6. So Amazing selalu pengin ke malang. Kapan ya, hiks..dari kotaku mungkin sekitar 8 jam-an. Kalau mau ke sana perlu cari moment libur. Trims mba infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah agendakan tuh Mba untuk liburan 😊Iya mba sama2

      Hapus
  7. Wahh, main ke Malang lagi yuk, Mbak. Cobain wisata pantainya, sekalian wisata ke tempat-tempat yang baru di Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Mba kalau pas waktunya, kulinernya murah meriah ya (yang aku temui) 😁

      Hapus
  8. Kangen Malang. Sudah lama tak berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  9. Jadi ingat hiking ke Bromo jam 4 pagi sambil gendong anak yang tertidur heheheh

    BalasHapus
  10. Seru banget travellingnya sama temen-temen ya, Mbak... Semakin sering saya membaca review destinasi wisata Malang yang memang keren-keren.

    BalasHapus
  11. enak banget kayaknya, jadi butuh refreshing

    BalasHapus
  12. Wahbpas banget nih mbak mengulas tentang Bromo. Kebetulan aku ada rencana mau ke Bromo liburan tahun ini. Selalu penasaran dengan keindahan yang diceritakan mereka yang sudah menjejak di Bromo. Semoga nggak ada halangan lagi. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Duhh udah lama enggak ke malang dan sekitarnya. Semoga dimudahkan utk ke sana, terutama ke Bromo :) aamiin.

    BalasHapus
  14. Kalau lihat Bromo dan bukit tengger jadi inget temen daku yang ngajakin liburan ke sana, tapi dakunya gak bisa 😭

    BalasHapus
  15. Sebagai orang Malang, saya berterima kasih atas postingan ini, hehe. Wisata di Jatim khususnya di Malang Raya emang tak ada habisnya dan terus ditingkatkan promosinya. Yuuk, ke Malang lagi :)

    BalasHapus
  16. Saya orang Malang, lho, Mbak. Tapi, sekarang sudah menetap di Jakarta. Setiap tahun insya Allah mudik ke kampung halaman. Dan nggak pernah abis-abis rasanya kalau main ke sana. Banyak banget wisata menariknya terutama di kota Batu nih. Pernah ke museum angkut juga, tapi pengen lagi ke sana..haha

    BalasHapus
  17. Aku tu pengen banget ke museum angkut... Sepertinya cocok buat anakku... Malang tu sekarang jadi tujuan wisata banyak orang ya, banyak pilihan soalnya...

    BalasHapus
  18. Wah, keren-keren ya tempat wisata diJawa Timur. Liat postingan Mbak di atas saya juga jadi pengen deh bisa liburan ke sana apalagi bareng teman2 atau keluarga. Pastinya seru sekali.

    BalasHapus
  19. Aku kalau pulang ke Malang pasti ngelewatin Kampung Warna Warni ini. Tapi sampai sekarang hanya menikmati dari atas jembatan aja. Belum pernah beneran masuk ke dalam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala