Langsung ke konten utama

Tahukah kalian manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulitmu?

Minyak zaitun atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai oil olive, adalah minyak yang diperoleh dari ekstrak buah zaitun (nama latinnya : Olea europaea), Merupakan pohon tradisional dari basin Mediterania.

Pohon zaitun tumbuh lambat, mempunyai batang keriput dan abu-abu ramping serta cabang pecah-pecah. Minyak ini mengandung banyak senyawa baik untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu vitamin E, K, asam linoleat dan phenolic.
Sumber : lombokita.com
Kali ini aku concern mengenai kesehatan kulit. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat minyak zaitun, bisa disimak poin-poin berikut ini :

 1. Mengurangi warna hitam pada bibir Minyak zaitun terdiri dari vitamin E dan vitamin K dapat digunakan pada bibir yang menghitam, cukup olesi bibir merata dengan minyak zaitun setiap hari.

 2. Membuat bibir memerah
Olesi perlahan pada bibir, rutin gunakan tiap hari sehingga warna bibir merah alami.

 3. Mengencangkan kulit wajah
Kandungan asam linoleatnya membantu menjaga kadar air kulit wajah, menghindari penuaan pada usia dini. Kandungan polifenol sebagai anti-oksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Sehingga efektif mengencangkan kulit wajah. Caranya campur 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu, lalu olesi ke wajah, diamkan beberapa menit, lalu cuci bersih wajah.

 4. Memperkecil pori-pori wajah
Zat asam linoleat juga dapat memperkecil pori-pori wajah, sehingga wajah terlihat lebih terawat.

 5. Menghaluskan kulit wajah
Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dengan buah pepaya lalu dijadikan masker. Enzim papain yang terkandung dalam pepaya membantu meregenerasi kulit wajahmu. Kandungan Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan juga membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah kamu.

Caranya haluskan beberapa potong buah pepaya campur dengan 2 sdm minyak zaitun, oles merata pada wajah, diamkan 30 menit, bilas dengan air hangat.

 6. Mencerahkan wajah
Kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang mahal atau bahkan suntik supaya wajah putih, cukup dengan oleskan minyak zaitun setiap hari, maka perlahan tapi pasti, kamu mendapatkan wajah cerah secara natural.

 7. Menghapus sisa make up
Pembersih make up kamu habis? Tidak usah panik, minyak zaitun bisa menggantikan pembersih make up mu.

 8. Mengatasi kulit kering
Kamu bisa pakai minyak zaitun pada seluruh badan kamu, selain pada wajahmu. Pengganti body lotion untuk mengatasi kulit kering.

 9. Mengobati jerawat
Wajah kamu berjerawat? Kandungan polifenol minyak zaitun sebagai anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga jerawatmu lenyap seketika. Caranya 1 sdm minyak zaitun dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Pijat lembut 4-5 menit, biarkan 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat, lakukan rutin setiap hari.

 10. Mencegah dan mengurangi risiko kanker kulit
Khasiat antioksidan dan anti inflamasinya yang kuat melalui kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker kulit. Minyak zaitun juga sebagai tabir surya melindungi kulit dari sengatan sinar matahari seperti UVA dan UVB. Sehingga malignant melanoma, yang merupakan tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.

 11. Meredakan peradangan kulit
Kandungan anti inflamasi dari minyak zaitun berfungsi untuk mengobati peradangan kulit dari terbakar oleh sengatan sinar matahari, kulit yang sensitif, dan kulit yang gatal-gatal.

12. Mengatasi kulit bermasalah
Minyak zaitun selain melembapkan kulit juga untuk menyembuhkan kulit yang bermasalah.seperti iritasi dan kemerahan. Caranya tuang minyak zaitun ke dalam air hangat. Kamu bisa mandi dengan air zaitun ini atau sekadar mencuci wajah sebelum tidur.

 13. Sebagai scrub untuk kulit wajah
Kamu dapat gunakan minyak zaitun untuk wajah sebagai scrub. Dengan mencampurkan garam laut. Pijat lembut di area hidung dan kulit yang kering, sehingga bisa mengelupas sisa kulit mati dan menjadikan kulit lembab.

14. Menghilangkan kutil wajah
Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam sel kulit, menyebabkan iritasi juga menimbulkan rasa gatal. Caranya oles minyak zaitun pada bagian kutil lalu diamkan beberapa menit. Ulangi 3 kali sehari.

 15. Menghilangkan mata panda
Mata panda muncul ketika kamu terbiasa begadang. Dapat dihilangkan dengan cara mengoleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati jangan terkena mata.

 16. Menghilangkan strech mark
Caranya oleskan minyak zaitun pada stretch mark, lakukan pijatan pada bagian itu sehingga perlahan stretch mark hilang.

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit, ayo buruan rajin lakukan perawatan kulitmu. Kulit jadi sehat dan cantik.
Semoga bermanfaat 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Telitilah Dalam Memilih Sabun Mandi

Pagi, bunda sudah mandi dan wangi bukan? Omong-omong soal mandi. Sabun favorit bunda yang seperti apa? Apa sabun mandi biasa, sabun mandi herbal, atau sabun mandi  bayi nih? Sabun apapun itu yang penting kesehatan kulit kita terjaga. Sehingga membuat kita nyaman dan percaya diri.  Berikut ada tips telitilah dalam memilih sabun mandi. Karena tipe kulit seseorang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, atau kulit sensitif. Yuk disimak. 1. Bahan pelembab Untuk jenis kulit yang cenderung kering. Kamu harus perhatikan kandungan sabun mandi yang satu ini. Apakah ada mengandung pelembab seperti glycerin, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak aprikot, madu, shea butter, cocoa butter, sereh, asam amino, lidah buaya, ekstrak yogurt dan lain sebagainya. Nantinya kulitmu akan lebih lembab selama dan setelah pakai sabun yang mengandung bahan ini. 2. Hindari berbahan deterjen Sabun mandi yang cenderung menghasilkan busa yang banyak, akan dapat mengiritasi kulit. Apa