Langsung ke konten utama

Tips Menjadi Pejuang Jujur


Kita semua pasti pernah berbohong, baik itu untuk diri sendiri atau berbohong di depan orang lain. Sangat sulit di zaman sekarang menemukan orang yang jujur. 

Dalam urusan perniagaan pernah kita dapati pedagang yang berbohong mengenai promosi barang yang dijual, kita pernah mendapati perlakuan birokrasi untuk mengurus surat-surat tertentu dipersulit atau bahkan mendapatkan hak yang tidak adil dari perusahaan tempatmu  bekerja. Itu semua adalah segelintir contoh ketidakjujuran yang ada di sekitar kita.

Sumber : google


Jujur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti lurus hati, tidak berbohong, tidak curang ,tulus dan ikhlas.

Dalam suatu hadis Rasulullah SAW bersabda : "Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta." HR. Muslim No. 2607

Untuk teman-teman sekalian, yang sedang berjuang menuju kebaikan untuk berbuat jujur, yuk simak tips dari aku spesial untuk kamu semua.

1. Niat untuk berubah

Niatkan dalam diri masing-masing untuk berubah. Untuk bisa jujur memang sulit. Tetapi kalau kita sudah niat, Insya Allah akan mudah jalannya.

2. Tanya pada diri sendiri kenapa ingin berbohong

Kita terkadang tidak yakin apa yang kita katakan kepada orang lain itu murni jujur, atau ada penambahan kata yang dilebih-lebihkan. Tanya pada hati nuraninya sendiri. Apa alasan kamu untuk berbohong atau melebih-lebihkan apa yang kamu ucapkan. Jika kamu rasa itu tidak terlalu penting. Kamu bisa berusaha meralatnya langsung di depan orang lain. Dengan penambahan kata-kata seperti ini : "Kurang lebihnya, seperti itu yang saya dengar dari mereka."

3. Lupakan untuk membandingkan diri dengan orang lain

Jangan suka membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain, sehingga kita berusaha menutupi kekurangan diri dengan berbohong. Misalkan ingin berbicara soal pengalaman berlibur, ceritakan sesuai pengalaman berliburmu tanpa melebih-lebihkan seperti mengambil pengalaman berlibur orang lain. Orang lain tentu akan menghargai cerita anda dengan tulus

4. Berproses

Hal yang sudah menjadi kebiasaan tentunya tidak mudah untuk dihentikan. Kita bisa mulai dari diri sendiri. Berproses seperti yang tadinya membohongi diri sendiri kalau saya ingin berhenti merokok besok. Tentunya belum bisa. Kita mulai dengan targetkan diri, berhenti mengurangi merokok sehari berapa puntung rokok. Kemudian bisa targetkan sampai kamu kira bisa sesuai yang diinginkan. Dengan begitu kamu dapat menghargai dirimu sendiri.

5. Hindari situasi ketika diharuskan berbohong

Kalau kamu dihadapkan situasi dimana temanmu meminta jangan cerita kalau saya sedang di sini. Kenyataannya ada orang yang memang perlu mencari temanmu itu. Kamu boleh menolak. Dengan kata seperti ini : Saya tidak bisa bertanggung jawab terhadap rahasia orang lain lebih baik saya bertanggung jawab atas rahasia saya sendiri.

6. Yakin dengan jujur kamu bisa bahagia

Yakinkan dalam dirimu kalau jujur itu bisa membuatmu bahagia. Buang jauh-jauh hal-hal yang tidak kamu sukai dalam hidupmu karena akan membuatmu mencari alasan untuk membohongi diri dan orang lain. Maka ubahlah sikapmu sehingga kamu bisa menjadi lebih bahagia.

Oleh karena itu, hendaknya kita tanamkan dari diri kita sendiri untuk jujur. Karena jujur itu asyik. Kita bisa menjadi diri sendiri tanpa berpura-pura menjadi orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Telitilah Dalam Memilih Sabun Mandi

Pagi, bunda sudah mandi dan wangi bukan? Omong-omong soal mandi. Sabun favorit bunda yang seperti apa? Apa sabun mandi biasa, sabun mandi herbal, atau sabun mandi  bayi nih? Sabun apapun itu yang penting kesehatan kulit kita terjaga. Sehingga membuat kita nyaman dan percaya diri.  Berikut ada tips telitilah dalam memilih sabun mandi. Karena tipe kulit seseorang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, atau kulit sensitif. Yuk disimak. 1. Bahan pelembab Untuk jenis kulit yang cenderung kering. Kamu harus perhatikan kandungan sabun mandi yang satu ini. Apakah ada mengandung pelembab seperti glycerin, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak aprikot, madu, shea butter, cocoa butter, sereh, asam amino, lidah buaya, ekstrak yogurt dan lain sebagainya. Nantinya kulitmu akan lebih lembab selama dan setelah pakai sabun yang mengandung bahan ini. 2. Hindari berbahan deterjen Sabun mandi yang cenderung menghasilkan busa yang banyak, akan dapat mengiritasi kulit. Apa