Langsung ke konten utama

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memulai Hari Senin



Apa kabar bunda? Sudah hari Senin lagi ya hari ini. Duh, jangan sampai gelisah ya tiap memulai hari Senin. Nanti aktivitas kamu akan terasa berat seharian.

Sumber : canva

Kalau kamu mau cara mengusir kegelisahan tadi, yuk lakukan 5 hal ini untuk memulai hari Senin :

1. Persiapkan keperluan esok
Jangan menunggu sampai esok tiba dan mengerjakannya buru-buru ketika Senin datang. Misal menyetrika pakaian, menyiapkan bahan meeting, menyiapkan bahan makanan untuk si kecil (bagi yang kerepotan mengurus si kecil), dan sebagainya, siapkan lebih awal. Sehingga kamu tidak merasa dikejar-kejar waktu.

2. Bangun lebih pagi
Untuk kamu yang kesulitan bangun pagi, baiknya kamu niat dari malam untuk bisa bangun pagi. Tambah pengingat waktu untuk membangunkanmu. Jangan lupa kalau ternyata bangun sebelum subuh, sholat tahajud, insya Allah kita bisa tenang. Lanjutkan ibadah sholat subuh.

3. Puasa
Nah, ketika kamu bangun lebih awal tadi kamu bisa sahur, niat untuk puasa sunah atau membayar puasa bulan Ramadhan yang sempat batal. Kamu bisa memenuhi asupan sahur dengan protein (telur, kacang-kacangan) dan sayur (bayam) yang cukup juga minum air setidaknya 2 gelas. Dengan puasa pikiran lebih jernih dan penuh konsentrasi.

4. Musik/dzikir
Ketika diperjalanan, kamu bisa pasang musik yang kamu suka untuk menemani perjalanan. Atau ingin lebih syahdu dan adem bisa juga menyebut nama Allah dengan berdzikir (dengan mengucap istighfar, tasbih, tahmid dan takbir). Insya Allah  kamu tidak gelisah dengan kemacetan di jalan.

5. Lapang hati
Ketika di perjalanan menemukan kemacetan, nikmati dengan lapang hati. Ketika pekerjaan tidak diapresiasi atasan, terima lapang hati, ketika klien atau customer membuat emosi kita naik, tetap cooling down, karena kamu sudah mengusahakan yang terbaik.

Itu semua tips yang pernah aku lakukan ketika memulai hari Senin. Mungkin beberapa atau semua bisa kamu lakukan dan diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari. Atau mungkin ada tambahan lain, dengan senang hati aku  menunggu kritik dan sarannya. Lupakan I don't like Monday, ganti menjadi I love Monday.


Komentar

  1. senin mmg sll mnjadi hari awal penentu y mb. mau mnjadi pekan yg mnyenangkn atau membosankan, smua berasal dr bgmn kita mnyikapi hr Senin. hhe . terima kasih sdh brbagi mb ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, makanya harus bersemangat di hari Senin, sama-sama mba makasih sudah berkomentar

      Hapus
  2. dulu waktu masih ngantor, self mantra aku kalau senin: money monday... sekarang pun masih begitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe buat penyemangat di hari senin dengan tujuan cari duit

      Hapus
  3. İkh Senin memang suatu hari yang penuh tak terduga. Terima kasih untuk tipsnya ya mba ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, hari yang kadang ga diduga, sama-sama mba

      Hapus
  4. Banyak yang bilang I hate Monday, padahal buat emak-emak yang diam di rumah, enggak ada bedanya. Hehe ... kadang lupa sekarang hari apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, buat IRT yang pasti selalu semangat mengurus anak dan suami ya mba

      Hapus
  5. sekarang dalam perjalanan sebisa mungkin yang didenger murotal hehe, soalnya ingin biasakan ponakan juga untuk mudah hafal qur'an kasihan selama ini lagu-lagu yang didengerin bisa-bisa hafalan qur'annya hilang. jadi, sekarang sih selama perjalanan emang pasti pasang murotal juga. makasih ya bun sharingnya, 5 hal diatas ada benernya semua. semgoa kita selalu semangat memulai hari setiap saat. Aamiin.

    BalasHapus
  6. Iya bagus Mba, anak kecil cepat memanjangkan memory apalagi sering didengarkan murotal. Sama-sama mba, aamiin

    BalasHapus
  7. Puasa hari Senin biar semangat karena melakukan yang disukai Allah. Apalagi kalau ada momen sahur dan buka bersama ... Wah Senin bukan lagi hari yg menegangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mba puasa dan buka bersama keluarga

      Hapus
  8. Senin sepertinya awal yang paling hectic setelah hari minggunya sedikit santai, ya. bener banget Bangun lebih pagi agar bisa tenang mempersiapkan semuanya dan kalau bisa puasa sunah agar hati tetap sabar.

    BalasHapus
  9. Gimana dengan memperbaharui niat dan motivasi (kerja), mbak? :)

    BalasHapus
  10. Senin buat ibu2 rasanya sibuk banget apalagi setelah anak libur panjang seperti sekarang....padahal jika kita melakukan semuanya dengan senang hati pasti akan terasa ringan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, segala sesuatu mesti dilakukan dengan senang hati supaya menghadapi kerjaan jadi ringan apalagi hari Senin

      Hapus
  11. Aku malah senang ketemu hari senin mba karena drama kesayangan update episode terbaru. Hehe... Tidak hanya senin, sebaiknya setiap hari harus disiapkan untuk esoknya biar gak riweuh pas pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jangan-jangan demam Korea ya mba, aku juga suka hehehe. Yup, mesti menyiapkan hari sebelumnya untuk keperluan hari esok

      Hapus
  12. Kalau aku mau Senin sampai minggu rasanya sama aja karena kegiatannya ngemong anak di rumah mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ga apa Mba, asalkan terus bersemangat, tiada hari tanpa semangat

      Hapus
  13. Sejak jadi IRT semua hari sama saja sih bagi saya, hehe. Beda waktu jaman masih lajang terutama setelah dapat kerja. Paling suka dengan hari ini karena merupakan hari dimana saya bisa beraktivitas kembali dengan kerjaan 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba IRT pun perlu dukungan semangat memulai hari, yup hari Senin adalah awal beraktivitas kembali dengan kerjaan

      Hapus
  14. Yeaay, intinya hadapi Senin dengan berfikir positif yaaa. Tanamkan di pikiran klo Senin itu menyenangkan, horeeee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mba, harus dengan pikiran positif supaya sepanjang hari moodnya bagus

      Hapus
  15. Menjelang sabtu-minggu adalah hari yang ditunggu-tunggu karena minggunya dah libur.
    Nah tetiba menyadari besoknya dah senin, bawaan jadi males. Masih seneng libur euyy, hehe.
    Btw makasih tipsnya mbak.
    Moga jadi menyukai hari senin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Telitilah Dalam Memilih Sabun Mandi

Pagi, bunda sudah mandi dan wangi bukan? Omong-omong soal mandi. Sabun favorit bunda yang seperti apa? Apa sabun mandi biasa, sabun mandi herbal, atau sabun mandi  bayi nih? Sabun apapun itu yang penting kesehatan kulit kita terjaga. Sehingga membuat kita nyaman dan percaya diri.  Berikut ada tips telitilah dalam memilih sabun mandi. Karena tipe kulit seseorang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, atau kulit sensitif. Yuk disimak. 1. Bahan pelembab Untuk jenis kulit yang cenderung kering. Kamu harus perhatikan kandungan sabun mandi yang satu ini. Apakah ada mengandung pelembab seperti glycerin, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak aprikot, madu, shea butter, cocoa butter, sereh, asam amino, lidah buaya, ekstrak yogurt dan lain sebagainya. Nantinya kulitmu akan lebih lembab selama dan setelah pakai sabun yang mengandung bahan ini. 2. Hindari berbahan deterjen Sabun mandi yang cenderung menghasilkan busa yang banyak, akan dapat mengiritasi kulit. Apa