Langsung ke konten utama

7 Cara Etika Berbelanja Online

Assalamu’alaikum bunda..
Jumat ini sehat saja kan?

Besok sudah weekend ya bun. Mungkin ada yang berencana berbelanja. Dan mungkin bunda lebih suka memilih belanja online?.
Sumber : dewy_keripik kentang balado & @dewiana_83 shop

Aku mau berbagi cerita, sebagai admin online shop. Kok ya rasanya hampir sebagian besar pelanggan enggak tahu cara sopan-santun berbelanja online. Nah, ada baiknya ikuti tips-tips di bawah ini ya, 7 Cara Etika Berbelanja Online :

1. Baca
Lho kok disuruh baca? 😀 Jadi begini, tentu disetiap online shop sudah tertulis detail baik itu tentang jam buka tutupnya, detail keterangan produk, gambar dan harga produk. Jadi dimohon para pelanggan membaca dengan seksama. Kecuali ada hal yang tidak disebutkan di online shop. Barulah boleh ditanyakan lebih detail.

2. Sopan
Walaupun kita enggak tahu si mba apa si mas yang jadi admin online shop. Mbok ya apa salahnya ketika bertanya sebut saja panggilan mba.  Eh tapi jangan sebut dia Mawar (kayak nama samaran di berita kriminal saja hehehe) . Tanya dengan sopan. Misal : Asalamu’alaikum atau selamat pagi/siang/sore mba, berapa ongkos kirimnya mba? Warna ini ada enggak mba? Masih ada stoknya enggak mba?

3. Tahu waktu
Pernah ada yang mengirim WhatsApp, kebenaran aku sudah mau istirahat, hanya membaca notifikasi WhatsApp. Dan ternyata ada yang bertanya stok, ketika itu lihat jam sudah di atas jam 10 malam. Mbok ya tahu waktu. Kalau merasa jam di tempat kita sudah jam 9 malam lebih baik ditahan dulu tunggu jam buka online shop.

4. Sebutkan alamat
Namanya berbelanja online, wajar kalau admin online shop bertanya alamat. Jangan takut, enggak akan sewa detektif kok untuk cek alamat bunda hehehe. Pernah ada pelanggan ditanya alamat untuk bisa cek ongkos kirim, kok dia malah enggak mau kasih tahu. Alasannya tiba-tiba bilang mau jaga-jaga saja kok mba. Buat nanti bulan depan. Lah kan lucu ya. Dia bertanya ongkos kirim, kita tanya alamat enggak dikasih tahu. Bagaimana bisa cek ongkos kirim?

5. Sabar
Ketika WhatsApp bunda ke admin online shop belum dibalas, mohon sabar. Karena tentu admin tidak hanya melayani bunda saja. Beri waktu. Ketika sampai waktu yang bunda kira cukuplah untuk admin menjawab ketersediaan stok. Boleh bunda WhatsApp untuk  bertanya kembali. Mungkin saja admin lupa.

6. Jangan kabur
Ketika semua proses dari melihat produk yang ingin dibeli, bertanya stok, kecocokan total harga. Tentu admin online shop memberi nomor rekening untuk bisa memulai transaksi pembayaran. Dan biasanya ada tenggat waktu dari admin online shop kepada pelanggan, supaya bisa menyiapkan pengiriman produk dengan segera. Karena ada jadwal khusus  admin online shop untuk pergi ke jasa pengiriman paket. Misal kalau bisa transfer jam sekian ya mba. Mohon ditepati sesuai kesepakatan. Dan ketika waktu yang disepakati tinggal beberapa menit lagi. Admin online shop mencoba mengingatkan. Dan seketika pernah aku dapati pelanggan tidak ada jawaban dan berdalih iya sedang sibuk, bisa malam tidak. Nah, yang begini memperlambat proses gerak admin online shop. Wajar jika admin men-cap pelanggan PHP (Pemberi Harapan Palsu).

7. Deal or no deal
Tips terakhir bukan mengambil judul acara televisi ya hehehe. Namanya bertransaksi. Deal or no deal adalah suatu kesepakatan. Jadi, kalau merasa tidak puas dengan pelayanannya, atau tidak jadi karena ada online shop lain yang menjual lebih murah. Cukup katakan maaf ya mba, saya tidak jadi membeli. Sesimpel itu. Jadi admin online shop bisa mengalihkan produk yang tidak jadi bunda beli untuk pelanggan yang benar-benar serius membeli. Karena di online shop berlaku siapa yang cepat dia yang dapat.

Nah, panjang lebar tips dari aku semoga bunda bisa memaklumi cara kerja online shop.
Terima kasih atas pemahamannya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Telitilah Dalam Memilih Sabun Mandi

Pagi, bunda sudah mandi dan wangi bukan? Omong-omong soal mandi. Sabun favorit bunda yang seperti apa? Apa sabun mandi biasa, sabun mandi herbal, atau sabun mandi  bayi nih? Sabun apapun itu yang penting kesehatan kulit kita terjaga. Sehingga membuat kita nyaman dan percaya diri.  Berikut ada tips telitilah dalam memilih sabun mandi. Karena tipe kulit seseorang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, atau kulit sensitif. Yuk disimak. 1. Bahan pelembab Untuk jenis kulit yang cenderung kering. Kamu harus perhatikan kandungan sabun mandi yang satu ini. Apakah ada mengandung pelembab seperti glycerin, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak aprikot, madu, shea butter, cocoa butter, sereh, asam amino, lidah buaya, ekstrak yogurt dan lain sebagainya. Nantinya kulitmu akan lebih lembab selama dan setelah pakai sabun yang mengandung bahan ini. 2. Hindari berbahan deterjen Sabun mandi yang cenderung menghasilkan busa yang banyak, akan dapat mengiritasi kulit. Apa