Langsung ke konten utama

5 Hal Ini Baik Dilakukan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Hai mak, bagaimana persiapan menjelang bulan Ramadhannya? Sudah siap lahir batin kan? Tinggal beberapa hari lagi kita berpuasa di bulan Ramadhan. Enggak terasa ya, perasaan baru kemarin emak mudik sekeluarga atau bersilaturahim dengan sanak saudara saat lebaran.
Sumber : canva


Oya, aku mau bagi tips nih. Biar emak siap sepenuh hati dan jiwa di bulan Ramadhan eciyeeh. Cek this out ya mak 😊 :

1. Niat
Setiap kali melakukan ibadah selalu diawali niat. Karena akan membuat yang melakukan ibadah ini tentram melaksanakannya. Seperti terdapat dalam hadis : Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits). Jadi benar-benar mengharap ridho Allah SWT untuk menjalankan ibadah.

Sumber : canva

2. Bersihkan hati
Lho kok disuruh bersihkan hati? Jadi begini mak, ibarat kata kita akan menyambut kehadiran anak. Tentu kita harus bersihkan kamar khusus anak kita nanti. Supaya lebih leluasa dan nyaman. Begitu juga akan beribadah puasa. Karena dalam berpuasa kita tidak hanya menahan lapar dan haus. Hati kita juga harus siap dibersihkan dari segala macam penyakit hati. Seperti iri, dengki, julid, dan lainnya. Mak bisa juga bermaaf-maafan dengan keluarga, teman dan tetangga supaya hati plong saat puasa.
Sumber : canva



3. Fokus ibadah
Katanya ustad bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Karena didalamnya ada malam Lailatul Qadar. Malam yang baik dari seribu bulan. Karenanya perbaiki ibadahnya, perbanyak ibadah sunah dan membaca tilawah Al-Qur’an, dzikir dan berdoa yang sungguh-sungguh dari sekarang. Semoga mak beruntung mendapatkan pahala di malam Lailatul Qadar.
Sumber : canva


4. Menu makan
Jangan lupa menyiapkan menu makan full untuk bulan puasa ya mak. Dari A sampai Z supaya keluarga dapat menikmati santapan menu makan di bulan Ramadhan nanti. Menu buka puasa, menu makan malam bagi yang belum cukup kebutuhan makannya dari menu buka puasa (kalau aku sih langsung makan berat Mak alias makan malam jadi menu buka puasa karena sesudah pulang Taraweh sudah lelah dan langsung istirahat 😁), menu sahur. Jangan lupa cukupkan kebutuhan sayur, buah dan air minum minimal delapan gelas sehari untuk menguatkan badan supaya sehat dan kuat menjalankan aktivitas selama puasa. Nah, dengan menyiapkan menu makan jadi setiap hari emak enggak bingung lagi mau masak apa ya nanti?
Sumber : canva

5. Bersihkan rumah
Nah bukan hati saja yang dibersihkan, rumah juga perlu dibersihkan. Walaupun emak sudah rutin tiap hari membersihkan rumah. Untuk daerah yang perlu diperhatikan kebersihan bisa ditinjau ulang lagi. Misalnya saja mengganti gorden rumah, supaya tampil bersih mungkin dengan nuansa hijaunya, mencat rumah, mungkin tiga tahun yang lalu atau mungkin sudah lebih dari tiga tahun terakhir mencat rumah, membuang barang-barang yang tidak perlu atau memberikan pada yang membutuhkan atau emak jual ke tempat jual barang bekas, membersihkan langit-langit rumah, membersihkan jendela rumah dan membersihkan area kamar dan kamar mandi jangan lupa pakai wewangian yang harum ya mak. Biar rumah cantik, bersih dan wangi.
Sumber : canva


Bagaimana tipsnya? Ada yang perlu ditambahkan kah mak? Silakan beri komentar, terima kasih sebelumnya. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan, semoga umur kita sampai hingga Ramadhan selanjutnya, dan ibadah kita diterima Allah SWT, aamiin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Telitilah Dalam Memilih Sabun Mandi

Pagi, bunda sudah mandi dan wangi bukan? Omong-omong soal mandi. Sabun favorit bunda yang seperti apa? Apa sabun mandi biasa, sabun mandi herbal, atau sabun mandi  bayi nih? Sabun apapun itu yang penting kesehatan kulit kita terjaga. Sehingga membuat kita nyaman dan percaya diri.  Berikut ada tips telitilah dalam memilih sabun mandi. Karena tipe kulit seseorang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, atau kulit sensitif. Yuk disimak. 1. Bahan pelembab Untuk jenis kulit yang cenderung kering. Kamu harus perhatikan kandungan sabun mandi yang satu ini. Apakah ada mengandung pelembab seperti glycerin, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak aprikot, madu, shea butter, cocoa butter, sereh, asam amino, lidah buaya, ekstrak yogurt dan lain sebagainya. Nantinya kulitmu akan lebih lembab selama dan setelah pakai sabun yang mengandung bahan ini. 2. Hindari berbahan deterjen Sabun mandi yang cenderung menghasilkan busa yang banyak, akan dapat mengiritasi kulit. Apa