Langsung ke konten utama

3 Tempat Wisata Murah Meriah di Cilegon


Cilegon adalah sebuah kota kelahiranku. Kota yang terletak di ujung barat laut dari pulau Jawa dan sekitar 98 km dari DKI Jakarta. Cilegon dikenal sebagai Kota Baja. Karena terdiri dari kawasan industri baja PT. Krakatau Steel.

Cilegon pun juga punya daya tarik wisata sebagai kota kawasan industri, Cilegon juga punya tempat wisata yang tak kalah menariknya. Berikut tempat wisata murah meriah yang dapat kamu kunjungi, disimak ya:

Alun-alun kota Cilegon
Sumber : kabar-banten.com


Kini Cilegon telah mempunyai alun-alun kota yang dahulu adalah lapangan helipad PT. Krakatau Steel. Sejak tahun 2018 menjadi tempat rekreasi warga kota Cilegon. Alun-alun ini berada di jalan Jenderal Sudirman, Cilegon samping kantor DPRD kota Cilegon dan seberang Polres dan Kodim, Cilegon. Tak jauh dari landmark kota Cilegon. Berjarak sekitar 4,4 km dari gerbang tol Cilegon Barat.

Di dalam alun-alun ini terdapat taman, aneka stand makanan, musholla, toilet dan  air mancur. Pengunjung ramai saat sore menjelang malam hingga malam  hari. Bahkan pedagang kaki lima tidak kalah menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Jajanannya murah meriah. Dilewati jalur angkot rute Cilegon-Merak (angkot merah), atau bisa juga naik ojek online atau taksi.

Disaat ada acara besar, jalan sepanjang Polres Cilegon hingga lampu merah Kodim Cilegon di tutup untuk lalu lintas. Karena digunakan untuk acara maupun lahan parkir. Saat malam hari ada air mancur warna-warni, sangat indah  membuat hiburan tersendiri bagi warga kota Cilegon maupun luar kota. Pengunjung bisa duduk-duduk di sekitar area air mancur menikmati indahnya malam dan mengabadikan momen ketika air mancur berwarna-warni menghiasi alun-alun kota Cilegon.

Royale Krakatau Garden
Sumber : kiec.co.id

Royale Krakatau Garden (dikenal Krakatau Jungle Park) ini terletak di jalan KH. Yasin Beji, Cilegon. Persis di seberang Hotel Royale Krakatau (dahulu Hotel Permata Krakatau). Dahulunya Royale Krakatau Garden merupakan lahan tidak produktif. Oleh PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT. KIEC) dijadikan tempat wisata seperti outbond, flying fox dan di dalamnya ada danau buatan. Ada wahana bermain anak seperti carousel, mandi bola juga bebek-bebekan (sepeda air) di danau buatan.

Untuk bisa ke sini mudah, karena dilalui jalur angkot rute Cilegon-Merak (angkot merah) atau naik ojek online atau taksi. Tiket masuknya murah weekday wisata kuliner Rp 3000 per kendaraan, weekend Rp 5000 per kendaraan dan tiket ke wahana bermain anak pun murah tidak lebih dari Rp 15000 per wahana. Pengunjung bisa menikmati  piknik dengan duduk-duduk santai di bawah pohon yang berdahan rindang.

Ada tempat kulinernya juga. Seperti bakso, bebek penyet, aneka seafood, ayam geprek dan makanan khas Palembang. Pengunjung yang datang bisa berswafoto di spot yang disediakan.


Krakatau Water World
Sumber : travelspromo.com



Dahulu sering disebut KCC (baca : kasese). Terletak di daerah permukiman Krakatau Steel, Cilegon. Tepatnya di jalan KH. Yasin Beji, Cilegon. Dekat dengan Royale Krakatau Garden. Bisa dilalui jalur angkot rute Cilegon-Merak (angkot merah), atau bisa juga naik ojek online atau taksi.

Buka setiap hari jam 06:00-18:00 wib. Ada macam-macam wahana air. Mulai dari kolam Selat Sunda yaitu kolam persegi panjang. Biasa dipakai pengunjung untuk latihan renang dan berolahraga renang. Ada wahana slide arus volcano dengan dua jenis perosotan. Perosotan lurus dan spiral.

Lalu ada wahana anak Krakatau. Kolam dengan kedalaman 40 cm. Sebagai kolam untuk bersantai sesudah dari wahana slide arus volcano. Kemudian ada kawah Purba pengunjung bisa menikmati duduk santai di atas ban yang  mengikuti arus air. Dry pool tempat anak-anak bebas bermain dengan semprotan air dari kolam. Dan terakhir wahana erupsi. Juga digemari anak-anak. Tempat dimana pengunjung menantikan ember besar menumpahkan sejumlah besar air. Menjadi keseruan tersendiri berwisata air di Krakatau Water World, Cilegon.

Nah, bagi yang ingin berkunjung ke Cilegon jangan lewatkan tempat wisata ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala