Langsung ke konten utama

Teri Balado

Siapa yang tak pernah makan teri? Masa sih belum pernah?

Teri cuma diberi garam saja rasanya gurih lo. Apalagi jika ditambah bumbu balado. Hmm, nikmat. Pas baru diangkat dari wajan langsung buru-buru dimakan pakai nasi putih hangat. Saking menggoda lidah untuk bergoyang hehe.

Teri terdapat di pinggir pantai samudera Hindia, Pasifik dan Atlantik. Aman dari merkuri. Sehingga jika kita rajin mengkonsumsi ada banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya menjaga kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega 3-nya tapi baiknya olahan teri yang diproses dengan cara dipepes karena kalau digoreng menyebabkan asam lemak jenuh tinggi memicu kolesterol, menjaga kesehatan tulang karena teri banyak mengandung kalsium, baik untuk penderita diabetes karena tidak mengandung gula sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah, baik untuk kecerdasan otak sehingga baik untuk anak-anak juga mencegah stroke, baik untuk kesehatan mata dari kandungan Vitamin A. Teri juga dikenal sebagai bahan afrodisiaka. Teri memiliki cita rasa yang khas. Makanya bisa ditambahkan ke dalam bumbu sambal.

Teri biasa kita dapat di pasar tradisional atau tukang sayur yang menjual sayur lengkap dengan aneka lauk atau tukang penjual ikan atau di supermarket. Teri sangat nikmat dibuat olahan pepes atau digoreng. Kali ini aku mencoba membuat teri diolah dengan cara digoreng. Karena teri salah satu makanan favorit di rumah.

Teri Balado
Sumber : koleksi pribadi

Bahan :

1/2 kg teri basah
Minyak untuk menggoreng
Air jeruk nipis secukupnya
Bumbu halus :
20 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya

Langkah :

1. Bersihkan dari isi perut teri, lumuri garam

Tips :

Memilih teri yang segar, yang badannya masih mengkilat, jika ditekan dagingnya masih padat dan matanya tidak merah.

Bersihkan teri dari isi perut lalu lumuri garam. Jika memang perlu ditambah air jeruk  nipis untuk teri yang kurang segar.

Sambil menunggu garam meresap kurang lebih 15 menit, bisa siapkan bumbu halus dulu.

2. Goreng teri dengan minyak secukupnya hingga kecoklatan, angkat.

Tips :

Usahakan wajan bersih dari sisa makanan yang lengket. Kalau perlu cuci dan di sikat dengan sabuk kelapa dan abu gosok atau sekarang sudah ada kawat pembersih di pasaran.

Supaya tidak terkena letupan minyak, tutup wajan ketika menggoreng teri.

Baiknya pakai api sedang supaya tidak cepat gosong.

Tunggu sisi bawah agak kecoklatan baru balik teri hingga kecoklatan.

3. Masukkan bumbu halus, beri air jeruk nipis, masak hingga matang.

Tips :

Bumbu halus bisa dihaluskan dengan diulek atau blender. Jika ingin tekstur kasar bisa diulek.

Bumbu halus langsung di masak dengan minyak penggoreng teri, jika dasar penggorengan ada sisa teri yang agak coklat kehitaman, baiknya ganti wajan dan pindahkan minyak ke wajan baru. Tambahkan minyak baru secukupnya.

Jika dasar penggorengan tidak terlalu hitam, bisa pakai untuk menggoreng bumbu halus. Jika minyak berkurang tambahkan secukupnya.

Air jeruk nipis bisa tidak dipakai jika terinya masih segar.

Masak bumbu halus hingga warna merah tua.

4. Masukkan teri, aduk sebentar hingga sambal merata, angkat dan sajikan.

Nah, resep ini bisa dicoba bisa untuk makan siang sampai makan malam. Tapi tergantung kalau teri balado di rumahku biasanya cepat habis kalau orang di rumah lengkap hehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala