Langsung ke konten utama

5 Hal Penting Dilakukan Sebelum Usia 40 Tahun


Kita tidak pernah tahu kapan tubuh kita mengalami penurunan kesehatan,  bahkan kita tidak pernah tahu kapan kita dipanggil Allah SWT. Aku jadi teringat akan lirik lagu Raihan :
"Ingat lima perkara sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati”
Maka pergunakanlah waktu kita sebelum 5 perkara tersebut. 

Apa yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan hal-hal tersebut?
Ada baiknya lakukan 5 hal penting sebelum usia 40 tahun, silakan di cek :

1. Perbaiki ibadah
Sumber : webmuslimah.com
Kita sebagai umat Islam hendaknya selalu menjaga keimanan dan ketakwaan kita untuk dekat dengan Allah SWT. Memang terkadang kita merasa iman kita lemah. Namun balik lagi kepada hati nurani kita. Untuk apa kita diciptakan. Bukankah kita hidup di dunia ini untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT? Maka luruskan niat supaya Istiqomah menjalankan ibadah. Perbaiki sholat rawatib, tambah dengan sholat sunah, tambah dengan puasa sunah, sedekah. Insya Allah kita akan tenang menjalankan hidup. 

2. Berbakti kepada orang tua
Sumber : bimbinganislam.com
Poin ini sangatlah penting. Karena kita sebagai anak yang telah dilahirkan oleh orang tua kita harusnya kita sayangi orang tua kita dan berbakti pada orang tua kita. Meminta maaf atas khilaf yang selama ini kita lakukan kepada orang tua. Sebagaimana tercantum dalam Al Qur’an: "Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai 40 tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (QS Al-Ahqaf: 15).

3. Konsumsi buah dan sayur
Sumber : doktersehat.com

Seperti yang tertulis di lirik lagu Raihan, ingatlah sehat sebelum sakit. Jadi mulai konsumsi makanan sehat misalnya yang mengandung banyak serat, kaya vitamin, antioksidan. Buah yang mengandung antioksidan tinggi antara lain : apel, pir, jeruk, pisang, anggur, yang dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Sayur yang mempunyai antioksidan tinggi antara lain : brokoli, tomat, asparagus.
Jangan lupa makan makanan bergizi dan seimbang serta minum air putih yang cukup. 

4. Perawatan tubuh
Sumber : Wolipop.detik.com











Lakukan perawatan tubuh rutin, mandi 2 kali
sehari, lakukan perawatan tubuh secara menyeluruh, atau ingin paket lengkap di salon atau spa. Lebih utama pada wajah, wanita paling rentan dengan penuaan. Mulai mencuci muka pagi dan malam, pakai serum vitamin c tiap pagi hari, pakai pelembab tabir surya untuk menghilangkan bintik-bintik wajah karena sinar matahari. Gunakan tiap 3 jam sekali untuk yang lebih sering terpapar sinar matahari, pakai krim pagi dan malam. Jangan lupa lakukan scrub wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Menurut ahli dermatologi, gunakan  retinol di malam hari untuk melawan keriput dan tingkatkan produksi kolagen.

5. Olahraga
Sumber : id.wikipedia.org
Lakukan olahraga secara rutin, bisa jalan santai, renang atau bersepeda. Mana yang lebih mudah dan ringan. Yang penting minimal 3 kali dalam seminggu. Karena semakin berusia kondisi fisik menurun, belum lagi berat badan makin naik, mudah stress, faktor makanan yang kurang tepat, juga kesehatan persendian pun menurun. 
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala