Langsung ke konten utama

Pesona Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan Sumatera Barat

Kalian pecinta wisata bahari? Ada pilihan baru wisata bahari di propinsi Sumatera Barat, yaitu  di kawasan Mandeh. Pernahkah kalian kemari?
Sumber : koleksi pribadi

Kawasan Mandeh adalah kumpulan pulau yang berada di teluk Carocok, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Airnya yang tenang, dengan keindahan alam dan biota lautnya.

Kawasan Mandeh ini dikenal sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat. Kawasan Mandeh memiliki kekayaan alam berupa terumbu karang seluas 70,32 ha, mangrove 313,32 ha, padang lamun 21,23 ha. dan keragaman hayati seluas 404,55 ha. Wah luas sekali bukan?

Daerah ini berada di kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di kecamatan Koto IX Tarusan,  kota Painan, propinsi Sumatera Barat. Letaknya tidak jauh dari kota Padang. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dari kota Padang. Yakni berjarak 56 kilometer dari kota Padang.

Untuk ke kawasan Mandeh, yang dikenal Raja Ampatnya Sumatera Barat ini kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena dekat sekali dengan kota Padang. Berbagai wisata ditawarkan. Kalian bisa menikmati panorama di puncak Mandeh. Atau kalian ikut  trip paket yang disediakan warga setempat atau jauh-jauh hari booking travel open trip atau private trip untuk one day trip. Di sini kalian bisa melihat keindahan hutan mangrovenya kawasan Mandeh. Kita naik kapal dari dermaga Carocok Tarusan, dermaga yang juga sekaligus tempat pelelangan ikan, lalu mandi-mandi di pemandian air terjun sungai Gemuruh, main pasir di pulau Setan (pulau Sutan), naik banana boat atau donut boat yang bikin seru liburan kalian, kemudian menikmati makan siang di pulau Setan (pulau  Sutan), lalu snorkeling di spot pulau Cubadak  menikmati keindahan bawah laut. Kalian pun bisa ikut paket 2 day 1 night trip untuk yang ingin menikmati bermalam di kawasan Mandeh. Ada cottage yang nyaman untuk bermalam di sana.

Yang ingin memacu adrenalin bisa dengan melakukan cliff jumping. Melompat dari ketinggian beberapa meter ke dalamnya laut di pulau Sironjong kecil (pulau Sironjong Ketek).

Panorama puncak Mandeh
Sumber : yuktravel.com

Di sini kalian bisa menikmati panorama kawasan Mandeh. Pemandangan pantai dengan warna air laut yang biru kehijauan karena pantulan cahaya matahari, kapal-kapal wisata yang hilir mudik ke pulau di kawasan Mandeh dan pulau-pulau kawasan Mandeh yang asri dan elok. Di puncak Mandeh ini juga bisa santai di warung-warung yang menyajikan makanan khas Padang atau sekedar warung kopi dan minum air kelapa.

Pulau Setan (pulau Sutan)
Sumber : koleksi pribadi

Di sini bisa berlama-lama main pasir di pantai, berenang atau naik wahana air seperti banana boat, donut boat dan tempat wisatawan duduk-duduk di tikar dengan hidangan makan siang yang termasuk dalam paket trip.

Air terjun sungai Gemuruh
Sumner : koleksi pribadi

Di sini airnya sejuk, mengalir ke hutan mangrove hingga ke hulu. Tempat wisatawan mandi bilas dan berswafoto dengan air terjun yang agak landai.

Spot snorkeling pulau Cubadak




Sumber : koleksi pribadi

Bagi yang ingin menikmati pemandangan bawah laut, siap-siap excited dengan snorkeling. Pemandu memberikan instruksi untuk memakai kacamata snorkeling dimana kita bernapas dengan mulut yang terhubung dengan pipa yang menyambung dengan kacamata ketika kita sedang berenang di permukaan laut. Dan takjub melihat keindahan bawah laut kawasan Mandeh. Atau yang ingin menyelam free diving, pemandu memberi aba-aba kepada wisatawan untuk menyelam dan menahan napas sebentar untuk difoto under water bersama biota laut seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil dan sedang yang berwarna-warni.

Pulau Sironjong Kecil (pulau Sironjong Ketek)
Sumber : koleksi pribadi

Bagi wisatawan yang berani, mencoba uji nyali melompat dari tangga ketinggian 5 meter dari permukaan laut atau mau yang lebih ekstrim lagi melompat dari ketinggian 15 meter. Wow, serasa tubuh terbang dan sensasi adrenalin yang membuat pecinta wisata ekstrim ketagihan. Dipastikan tidak punya penyakit jantung dan hipertensi ya yang ingin mencobanya. Dan juga bisa berenang. Karena dalamnya laut kurang lebih 20 meter.

Itulah keseruan berwisata di kawasan Mandeh. Tak kalah seru dengan wisata bahari di Raja Ampat. Semoga menjadi pilihan wisata kalian yang akan ke propinsi Sumatera Barat.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu ๐Ÿ˜ Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? ๐Ÿ˜. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya ๐Ÿ˜Š 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala