Langsung ke konten utama

Puding Chocolatos Dengan Vla Susu

Chocolatos yang kamu tahu baru Chocolatos wafer stick sama wafer roll? Ya Chocolatos berawal dari Gery Chocolatos wafer stick lalu ada Chocolatos wafer roll dengan rasa regular, mocca, grande, gold edition dan dark chocolate. Kesemuanya aku suka. Ya iyalah, anak kecil juga suka kalau coklat hehehe.

Sejak tahun 2015 Chocolatos bukan hanya memproduksi makanan ringan, tapi ada varian baru Chocolatos drink. Yaitu minuman sachet. Ada rasa coffe latte, matcha latte dan coklat.

Nah, Chocolatos drink coklat ini enak, bisa dibuat minuman panas atau dingin. Kalau aku mau coba dibuat puding.

Puding dimakan sebagai makanan penutup. Bisa dibuat dengan direbus, dikukus, atau dipanggang. Biasanya terbuat dari campuran agar-agar, gula, susu atau biskuit yang dihancurkan dengan ditambah vla yang terbuat dari susu, tepung maizena, atau telur. Ditambah rasa coklat, buah-buahan semakin membuat lidah bergoyang.

Puding bertekstur lembut ada juga yang kenyal karena ada jelly dari agar-agar instan. Kali ini puding terbuat dari agar-agar bubuk merk Swallow. Dengan rasa plain. Supaya rasa Chocolatos lebih terasa. Mari disimak resepnya, resep recook dari Cookpad :

Puding Chocolatos Dengan Vla Susu

Sumber : koleksi pribadi

Bahan :

1 bungkus agar-agar plain Swallow
1 bungkus chocolatos drink coklat
7 sdm gula pasir (bisa ditambah kalau suka manis)
900 ml air

Bahan vla susu :

6 sdm susu kental manis putih tambahkan air biasa 250 ml aduk-aduk sampai larut ( kalau aku pakai 1 1/2 sachet susu bubuk dancow ditambah air 250 ml,  tapi lebih baik 1 sachet saja juga sudah terasa susunya)
1 bungkus vanili bubuk
3 sdm gula pasir (munjung)
1 butir kuning telur
1 sdt tepung maizena larutkan dengan sedikit air
1/4 sdt garam

Langkah :

1. Siapkan bahan untuk agar-agar, siapkan panci. Campur jadi satu semua bahan agar-agar, chocolatos, gula pasir, tambahan air. ( Air yang dipakai jangan air panas ya, khawatir agar-agar menjadi menggumpal, cukup air matang saja atau air dingin, pastikan teraduk rata supaya tidak ada bahan yang tidak tercampur. Jika bahan menggumpal membuat penampilan puding tidak cantik)

2. Rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk, setelah mendidih matikan kompornya, kemudian siap dicetak sesuai selera. Biarkan dingin dan potong-potong. Puding chocolatos siap disajikan dengan siraman saus vla susu 😉

3. Untuk pembuatan vla susunya : Rebus susu, tepung maizena, gula pasir, garam dan vanili bubuk dengan api kecil sampai mendidih, setelah mendidih ambil 1 sendok sayur campur dengan kuning telur lalu kocok rata.

(Pastikan ketika memisahkan kuning telur  dengan putih telur tidak ada pecahan kulit telur tercampur. Bisa-bisa termakan saat sedang nikmat mengunyah puding. Oya, Kebetulan saat membuat vla lagi engga stok telor. Jadi aku tidak pakai kuning telur, rasanya masih tetap manis dan enak)

4. Setelah tercampur rata, masukkan lagi ke dalam rebusan. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.

Saat membuat vla sebaiknya tidak usah terlalu lama. Karena ketika mendidih langsung bisa dimatikan. Dan didinginkan segera.

Mantap bukan? Cuaca panas-panas begini makan puding Chocolatos Dengan vla susu. Dijamin jadi adem deh tenggorokan. Jangan lupa tambahkan buah, kalau aku tambah irisan buah strawberry. Jadi semakin nikmat dengan rasa manis, asam, dan segar.

Cocok untuk menu hidangan buka puasa, hidangan penutup  makan siang dan makan malam, bisa juga sebagai hidangan penutup acara arisan, pengajian atau pernikahan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala