Langsung ke konten utama

Kue Bolu Kukus Pandan Yang Lembut Tanpa Pengembang

Bolu asal kata dari Bolo dari bahasa Portugis. Pada umumnya bolu dibuat dari tepung terigu, gula dan telur. Biasa untuk kue ulang tahun yang di hias dengan cream.

Kali ini aku mau membuat kue bolu kukus. Karena di rumah banyak orang, jadi kan lumayan ada yang bantu buat menghabiskannya. Hehe. Kebenaran ada yang baru berulang tahun walaupun lewat beberapa hari.

Ini sebenarnya resep recook dari Cookpad. Aku cari yang tidak pakai pengembang kue (seperti soda kue atau baking powder) karena terkadang perut jadi suka kembung kalau makan kue yang ada pengembang kuenya.

Nah, pas banget ada resep kue bolu kukus pandan tanpa pengembang. Langsung aku perhatikan bahan-bahannya, telur, gula pasir, terigu, vanili, susu, minyak dan pasta pandan.

Wah pas kebenaran ada semua. Lalu langkahnya, sepertinya tidak ribet. Baiklah, langsung aku coba buat. Bismillah, mudah-mudahan jadi.

Kue Bolu Kukus Pandan Yang Lembut Tanpa Pengembang
Sumber : koleksi pribadi

Bahan :

4 butir telur
250 g gula pasir (aku pakai rose brand)
350 g terigu segitiga biru
1 sdm vanili bubuk
100 ml susu (Dancow putih bubuk dicairkan)
50 ml minyak sayur (Bimoli atau bisa pakai apa saja) aku pakai tropical
Secukupnya pasta pandan

Langkah :

1. Sambil menunggu membuat adonan sembari panaskan tempat kukusan hingga uapnya banyak.

2. Mix telur dan gula, mixer dengan kecepatan sedang, jika sudah mixer lagi dengan kecepatan tinggi tunggu hingga adonan mengembang seperti mayonaise.

3. Campur terigu dan vanili bubuk ayak bersamaan dan masukkan ke dalam adonan gula+telur. Aduk dengan menggunakan spatula. Aduk hingga rata tercampur.

4. Campurkan susu dan minyak aduk rata. Dan tuangi ke dalam adonan yang tadi. Aduk perlahan dengan spatula.

5. Ambil wadah agar-agar yang ukuran besar. Olesi dengan minyak merata.

6. Tuangi adonan yang sudah dicampur ke dalam wadah. Dan kukus selama 40 menit.

7. Jika sudah angkat dan sajikan di piring.


Nah, Alhamdulillah kue bolunya jadi. Lembut juga. Rasa manisnya pas. Alhamdulillah keponakan juga suka. Dia nambah lagi dan lagi. Biasanya dia enggak suka kue yang manis. Atau karena enggak enak kalau tantenya sudah buatkan kue mubazir kalau enggak dihabiskan? Hehe. Enggak apa-apa, apapun itu yang penting kue bolu kukus ludes.

Bolu kukus ini aku buat benar-benar mengikuti langkah resepnya satu per satu. Memastikan adonan poin 2 benar-benar putih seperti mayonaise. Baru dicampur terigu dan vanili tanpa mixer. Cukup dengan spatula.

Saat mencampurkan susu dan minyak harus diaduk searah jarum jam dan konstan hingga larut. Dan pastikan dibuat saat akan menambahkan ke adonan. Sehingga teraduk rata adonannya.

Oya aku tambahkan pasta pandan hanya beberapa tetes. Sesudah poin 4 dimasukkannya. Khawatir kebanyakan. Jadinya warna hijau muda.

Kalau kamu lebih suka yang alami bisa pakai  beberapa helai daun suji yang dicampur dengan daun pandan. Tambahkan air secukupnya, bisa diperas saja atau diblender. Kemudian disaring. Nah air perasan daun suji dan daun pandan ini dipakai untuk pewarna alami bolu kukus pandanmu. Hasilnya tentu lebih wangi karena daun pandan.

Pastikan tutup kukusan diselimuti dengan kain lap bersih, supaya tidak ada uap air yang menetes kembali ke dalam adonan kue bolu kukus pandan yang sedang dikukus.

Untuk loyangnya diolesi dengan minyak yang rata. Supaya tidak lengket kuenya pada dasar loyang.

Pastikan kue benar-benar matang. Ketika hampir menit ke-40 coba tes kematangan kue dengan lidi. Tusuk kue dengan lidi. Jika di tengah lidi masih ada adonan kue yang lengket, maka lanjutkan kembali mengukusnya.

Nah, selamat mencoba. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala