Langsung ke konten utama

Ikuti Langkah Ini, Bagaimana Cara Menangani Anak Demam


Anak merupakan anugerah terindah dari Allah SWT. Keceriaannya dan kepintarannya selalu membuat kita sebagai orang tua bangga. Namun ada saat keceriaannya hilang. Anak tiba-tiba diam, tidak bersemangat, dan suhu tubuh tinggi.

Sebaiknya bunda jangan terlalu panik ketika anak demam. Jadi, bagaimana cara menangani anak demam? Yuk, simak tips di bawah ini :

1. Ukur suhu tubuh

Sumber : pixabay

Anak biasanya suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius sudah tergolong cukup tinggi. Cek suhu tubuh secara berkala. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius beri obat penurun demam. Jangan sampai suhu tubuh di atas 39 derajat celsius. Khawatir disertai kejang.

2. Faktor penyebab

Cari tahu penyebab anak demam. Apakah ia baru saja imunisasi, atau karena nyeri yang diakibatkan tumbuh gigi, flu, pilek, sakit kepala atau sakit tenggorokan. Jika itu karena imunisasi, sebaiknya ikuti saran dokter ketika imunisasi. Biasanya memang efek samping dari imunisasi adalah demam. Dan dokter juga memberi resep obat penurun panas untuk berjaga-jaga.

3. Kompres hangat

Berikan kompres dengan air hangat pada kening anak. Untuk membantu menurunkan demam. Bilas kompres air hangat tiap 15 menit sampai 20 menit.

4. Pulihkan energi

Jangan lupa walaupun anak sakit, tetap beri asupan makanan untuk pulihkan energi. Beri makanan kesukaannya. Karena orang dewasa saja jika sakit memang lidah terasa pahit. Sehingga sulit untuk menelan makanan. Jika anak baru minum susu, seenggaknya beri jeda 2 jam sesudah minum susu. Supaya susu tidak mempengaruhi efektivitas kerja obat.

5. Pakai pakaian tipis

Sebaiknya saat demam, anak jangan diberi pakaian tebal atau selimut tebal. Karena akan menahan suhu tubuh. Lebih baik pakai pakaian tipis dan selimut tipis. Sehingga panas dari dalam tubuh bisa keluar.

6. Minum air putih

Demam yang disebabkan oleh sakit tenggorokan atau demam karena imunisasi pun harus banyak minum air putih. Untuk mencegah kehilangan cairan tubuh. Jangan beri air teh karena memicu anak sering buang air kecil.

7. Mandi air hangat

Ketika anak demam, tentu ia harus tetap membersihkan diri. Mandikan ia dengan air hangat. Atau hanya sekedar dibersihkan dengan kain lap yang diberi air hangat. Bersihkan bagian wajah, leher, badan, punggung, ketiak, tangan dan kaki secara menyeluruh. Balur dan beri pijatan lembut pada tubuh anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih.

8. Beri obat

Sumber : tokopedia

Segera beri obat Paracetamol. Obat Paracetamol dapat dibeli  bebas di Apotek. Ketika membeli obat Paracetamol, tanyakan pada Apoteker  bagaimana cara pakai obat dan penyimpanan obat. Jangan lupa cek tanggal kadaluarsa obat saat membeli obat. Ketika minum obat, ingat kembali anjuran Apoteker atau lihat kembali petunjuk cara pakai pada brosur atau kemasan obat. Pakai sendok khusus obat untuk meminumkannya. Jika aturan pakai 3 x sehari 1 sendok teh berarti 3 x sehari 5 ml. Jika 3 x sehari 1 ½ sendok teh berarti 3 x sehari 7,5 ml. Jarak pemberian obat bisa minimal 5 jam. Toleransi jarak minum obat antara 4-6 jam. Untuk menjaga proses penyerapan obat di dalam tubuh.

9. Segera ke dokter

Setelah pemberian obat Paracetamol tidak juga menurunkan demam selama 3 hari, anak pun kondisi demam tinggi di atas 39 derajat Celsius dengan kondisi lemas, susah buang air kecil, diare, muntah, dan kejang segera ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilana Tan Penulis Novel Empat Musim

Ilana Tan, ada yang tahu? Yup, beliau adalah  novelis  yang dikenal karena menulis novel bertema empat musim. Masing-masing novelnya menceritakan  latar yang berbeda namun tokoh-tokohnya ada berkaitan satu sama lain dari novel sebelumnya. Sumber : id.bookmyshow.com Edit : canva Winter in Tokyo inilah novel remaja koleksi  zaman old aku dahulu 😁 Untuk karya-karyanya antara lain:  Summer in Seoul (2006)  Autumn in Paris (2007)  Winter in Tokyo (2008)  Spring in London (2010)  Sunshines Become You (2012)  Autumn Once More (2013)  Seasons to Remember (2013)  In a Blue Moon (2015) Keempat novelnya berlatar kota-kota besar di dunia. Seperti Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang) dan London (Inggris).  Dari novel pertama hingga keempat menceritakan empat musim yang berbeda.  Summer in Seoul (musim panas di Seoul), Autumn in Paris (musim gugur di Paris) Winter in Tokyo (musim dingin di Tokyo), dan Spring in London (musim semi di London).

Resep Menu Makan Siang Istimewa

Tadi siang aku berjibaku membantu mama menyiapkan makan siang. Sekedar informasi, walaupun anak keturunan Minang. Aku masih harus banyak belajar memasak. Apalagi masakan Padang yang banyak rempah dan bersantan. Harus  membiasakan diri belajar memasak. Nah, menu makan siang kali ini ayam goreng, sambal terasi, labu Siam rebus serta daun pepaya Jepang dan bunganya yang dibuat urap. Bertolak belakang dengan masakan Padang ya ? 😁. Tidak mengapa, toh kami walaupun orang Padang tidak selalu makan bersantan. Setiap hari harus ada sayur, baik itu sayur yang dilalap, direbus, di masak bening untuk pendamping lauk. Aku coba berbagi resep ya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba. Simak ya 😊 1. Ayam goreng Bahan : 1 ekor ayam, potong-potong, cuci, lumuri jeruk nipis Air secukupnya 1 butir telur, kocok lepas Minyak untuk menumis bumbu halus Bumbu halus : 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas 2 sdm ketumbar bubuk 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/4 batang sereh, ambil

Cara Mendapat Kesan terbaik di Pertemuan Pertama dengan Calon Mertua

Sumber : http://m.voa-islam.com/news/tsaqofah/2017/12/11/54797/mantan-ibu-mertua-adalah-mahram-boleh-bersalaman-dengannya/ Edit : canva Bagi yang sedang bingung harus bagaimana menghadapi calon mertua (camer), apalagi ini kali pertama bertemu dengan camer. Yuk, ikuti tips berikut ini. Ok, check this out :  1. Datang tepat waktu Kamu dan pasanganmu sudah jauh hari diajak camer bertemu. Usahakan datang tepat waktu. Misalkan pasanganmu yang datang menjemputmu. Ingatkan dia untuk datang lebih awal supaya kamu punya waktu untuk memperkirakan jam berapa sampai ditempat pertemuan dengan camer.  2. Pakaian dan riasan make-up yang sopan Berpakaian dan beriaslah yang sopan dihadapan camer. Tidak harus beli baju dan make-up baru, yang penting bisa tampil anggun dan menawan di mata camer. Masa iya mau ketemu camer pakai celana jeans model sobek-sobek dan riasan serba hitam. Dikira lady rocker asal mana nih kata camer. Bisa minus penilaian dari camer nantinya.  3. Buah tangan Bawala